Home » , , , » Belajar FLASH

Belajar FLASH


Macromedia Flash merupakan perangkat bantu untuk membuat presentasi animasi dan interaksi, bahkan dilengkapi dengan kemampuan pemrograman, untuk membuat game misalnya. File sumber Flash berektensi FLA sesudah diolah keluarannya dapat berupa file Shockwave yang berekstensi SWF ataupun EXE (bila dibangkitkan proyektornya). Tentu saja hasil file EXE ini dapat dipanggil dari dalam Windows sebagaimana layaknya program biasa. Sedangkan file SWF dapat disisipkan dalam Web dan dimainkan oleh browser Web, bila browser telah dipasangi player Flash (Shockwave 
player). Player Flash didistribusikan secara gratis. Untuk pengembangan, Macromedia 

Flash merupakan program penyunting file sumber Flash. Kemampuan web Flash sangat luas, sehingga boleh dibilang fungsi-fungsi HTML pun dapat sepenuhnya digantikan oleh fungsi-fungsi Flash SWF, jika diinginkan oleh penguna. Web yang biasanya statis itu dapat digantikan oleh Flash SWF yang bisa amat dinamis, dengan level interaksi yang lebih luas. 

Sekilas bila digunakan untuk membuat animasi grafis biasa, tanpa interaksi, file Flash Shockwave, selayang pandang, nyaris tidak ada bedanya dengan file animasi GIF. Namun sebetulnya ada perbedaan yang sangat mendasar. File SWF pada prinsipnya merupakan file vektor (yang tentu saja di dalamnya dapat disisipkan file-file bitmap). Sementara animasi GIF hanya bekerja pada file bitmap. Oleh karenanya membuat animasi dengan Flash, pada banyak kasus, memiliki ukuran yang lebih kecil.

Selengkapnya Baca/Download Disini
Share this article :