Home » , , » Hierarki File Pada Linux

Hierarki File Pada Linux

Sistem file pada Linux menyerupai pepohonan (tree), yaitu dimulai dari root, kemudian direktori dan sub dirrektori. Sistem file pada Linux diatur secara hirarkhikal, yaitu dimulai dari root dengan symbol “/” seperti Gambar 2.1. Elemen dari nama path dipisahkan dengan tanda “/” (slash) seperti /usr/bin/X11/X. 

Penamaan pada hirarki file bersifat case sensitive. Setiap shell dan proses pada sistem masing-masing mempunyai current atau working directory. Perintah “..” berarti menuju parent directory (satu level ke atas dari hirarki file) sedangkan perintah “.” Berarti menuju kecurrent directory. File dan directory yang namanya dimulai dengan “.” Berarti file yang disembunyikan (tidak ditampilkan sebagai daftar nama file default).

Kita dapat menciptakan File dan Direktori mulai dari root ke bawah. Direktori adalah file khusus, yang berisi nama file dan INODE (pointer yang menunjuk ke data / isi file tersebut). Secara logika, Direktori dapat berisi File dan Direktori lagi (disebut juga Subdirektori). 

Share this article :