Home » , , » Pengenalan dan Perintah Dasar Linux

Pengenalan dan Perintah Dasar Linux

UNIX mula-mula dikembangkan untuk penggunaan internal di AT&T oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. AT&T memperbolehkan perusahaan lain untuk memodifikasi dan memproduksi source code menjadi sistem operasi seperti UNIX (UNIX-like). Karena AT&T memberi nama UNIX, perusahaan lain membuat nama lain seperti AIX dari IBM, HP/UX dari Hewlett-Packard, SunOS dari Sun, IRIS dari SGI.

Terdapat beberapa bentuk UNIX yang mengoperasikan hal yang sama. Semua prompt shell mempunyai utilitas dan perintah standard yang sama, meskipun parameter perintah yang berbeda untuk sistem yang berbeda. Sistem UNIX mempunyai berapa utilitas yang sangat berguna untuk membuat dan memanipulasi file. Model pengamanan UNIX berdasarkan pengamanan file.

Dengan menganggap segala sesuatunya sebagai sebuah file terjadi konsistensi. Pengamanan perangkat keras dapat diakses dengan cara yang sama dengan dokumen. Teks adalah antar muka universal dan beberapa utilitas UNIX digunakan untuk memanipulasi teks. Konfigurasi dikirim dalam bentuk teks yang memungkinkan administrator untuk memindahkan konfigurasi dari satu mesin ke mesin lain dengan lebih mudah. 
 
Terdapat beberapa aplikasi kontrol yang memudahkan administrator untuk mengawasi perubahan yang terjadi setiap hari dan kemampuan sistem untuk roll back (kembali ke) konfigurasi sistem pada tanggal dan waktu tertentu. UNIX menyediakan beberapa utilitas kecil yang membentuk satu task dengan baik. Bila fungsi baru dibutuhkan, dapat dibuat suatu program terpisah untuk mengembangkan utilitas dengan fitur yang baru.
 
Share this article :